Expo SMPN 1 Ciamis: Potret Keunggulan Kreasi dan Prestasi Nesacis


Panitia Expo SMPN 1 Ciamis membuat gebrakan dalam penyelenggaraan agenda pameran rutin tahunan yang digelar untuk menampilkan prestasi dan kreativitas siswa-siswinya. Kegiatan yang merupakan implementasi kurikulum dan biasanya digelar secara internal tersebut, tahun ini melibatkan SD dan SMA/SMK sebagai tamu dan peserta. Acara berlangsung sukses pada 17 Januari 2013 yang lalu.

Sebanyak 462 pelajar dari 19 Sekolah Dasar dilaporkan harapanrakyat.com ikut hadir mengikuti berbagai kegiatan perlombaan di SMPN 1 Ciamis (Nesacis). Pelibatan ratusan siswa-siswi SD sebagai peserta berbagai kegiatan, seperti lomba MIPA, story telling, lukis, pembacaan puisi dan MTQ nampaknya merupakan cara untuk mengenalkan lebih dini lingkungan sekolah Nesacis kepada calon-calon peserta didiknya.

Sebagaimana biasa, expo dimeriahkan pula oleh pergelaran musik, tari dan teater. Penampilan kolaborasi gending dan tari yang diadopsi dari seni Ronggeng Gunung dan Kaulinan Barudak nampak dalam gambar mendapat perhatian serius dari para tamu undangan. Peran serta SMPN 1 Ciamis dalam mempertahankan dan melestarikan budaya bangsa, khususnya khazanah seni Sunda, patut mendapat apresiasi berbagai pihak.

Tampilnya stand-stand kelas IX dan unit ekstrakulikuler yang menampilkan kreasi dan prestasi masing-masing merupakan dorongan motivasi tersendiri bagi kelas dan ekskul Nesacis untuk meningkatakan kreasi dan prestasi masing-masing. Sejarah panjang SMPN 1 Ciamis mencatat berbagai prestasi yang patut dipertahankan dan bahkan ditingkatkan di masa mendatang. Sementara itu keberadaan stand SMA dan SMK selayaknya dapat menjadi kesempatan sekolah-sekolah tersebut untuk memberikan informasi pada siswa-siswi SMPN 1 Ciamis yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang sekolah menengah.

Expo SMPN 1 Ciamis merupakan sebuah event berharga yang sangat patut mendapat perhatian. Jika tahun ini Nesacis mulai melibatakan SD dan SMA/SMK, mungkinkah suatu saat Expo ini juga dibukan untuk umum? Jika segala sesuatunya dipersiapkan, nampaknya tidak ada alasan untuk menganggap hal tersebut mustahil. Orang tua siswa-siswi SD, para pemerhati pendidikan, pihak pemerintah, dan alumni yang peduli juga tentunya akan menantikan perhelatan tersebut.

Post a Comment

No comments