Ikan Tuna Raksasa Hasil Pancingan Spektakuler, Cukup Untuk Sajian 20.000 Sushi dengan Nasi!


Memancing adalah hobi yang mengasyikkan bagi peminatnya, apalagi jika aktivitas tersebut membuahkan hasil tangkapan yang memuaskan. Apatah lagi jika hasil yang didapat ternyata sangat spektakuler seperti yang dialami oleh Marc Towers (30) dan temannya Neil Cooke (37).

Keduanya memancing di lautan sekitar Canso, Nova Scotia, Kanada, dan mendapatkan hasil ikan tuna raksasa jenis bluefin (Thunnus thynnus) dengan bobot sekitar 1.000 pound atau sekitar 454 kg, demikian dilaporkan oleh DailyMail. Ikan tersebut ditaksir dapat terjual dengan harga sekitar 20.000 poundsterling atau sekitar Rp. 308 juta.

Kedua pemancing baru menyadari betapa luar biasa ukuran ikan yang memangsa mata kail, ketika sudah berada dalam jarak sekitar 5 meter dari mereka, meski memang sudah menduga ikan tersebut ukurannya besar.

Saking besarnya, ikan tersebut disebut 'monster' oleh semua orang, karena memang lazimnya tuna bluefin berbobot 250 kilogram saja, dengan panjang badan sekitar 6,5 kaki (mendekati 2 meter). Hasil tangkapan kedua pemancing bahkan tidak dapat diangkat ke dalam perahu, dan harus ditarik dengan tali sejauh empat mil untuk kembali ke dermaga.

Ikan tersebut ditaksir dapat diolah menjadi 20.000 sajian sushi dengan nasi. Ikan tuna memang merupakan bahan makanan favorit orang Jepang. Mereka mengonsumsi hingga 80% hasil tangkapan ikan tuna bluefin di lautan Atlantik dan Pasifik. Harga satu porsi ikan tuna di resto kelas atas Jepang dapat mencapai 16 poundsterling atau Rp. 246.000.

Rekor penangkapan ikan tuna bluefin terbesar dipegang oleh Ken Fraser, yang mencapai berat 1.496 pound (676 kg). Ikan tersebut juga ditangkap di sekitar Nova Scotia pada tahun 1979.

Permintaan dan harga tuna bluefin besar pernah melonjak pada tahun 1970, dan para pelaku pemancingan ikan menemukan metoda baru untuk memancingnya. Komisi untuk Konservasi Tuna Atlantik pada bulan November 2010 memutuskan memotong 4% kuota penangkapan ikan tuna bluefin untuk wilayah Atlantik Timur dan Mediteranian, dari asalnya 13.500 metrik ton menjadi 12.900 metrik ton.

Cooke dan Towers mendapatkan kegembiraan dengan hasil tangkapan spektakuler mereka, namun bukan berarti tidak ada kritikan atas kegiatan mereka. Beberapa orang mengomentari negatif, dan bahkan cenderung sinis, dengan menganggap kedua pemancing telah mendapat ketenaran dan publikasi, serta tentu saja uang, di atas tragisnya penghilangan sebuah kehidupan.

Post a Comment

No comments