Senam Pak Ganda, Terapi Anti Noga


Rambutnya selalu disisir rapi, gaya 'golep nyiripit' yang tak berubah dari pagi hingga siang hari. Kacamata menjadi penghias raut mukanya yang ramah dan penuh perhatian. Beliau, Pak Ganda, menjadi guru olahraga sekaligus BP, dan setia mendampingi siswa-siswi SMPN 1 Ciamis selama puluhan generasi.

"Pak Ganda guru yang membuat sehat," kata Kang Aceng.

Beliau menjadi inspirasi banyak siswa untuk suka pada olahraga, seperti yang diakui oleh Kang Sadikin. Katanya, "Arahan dan bimbingan Pak Ganda terus melekat, sampe seneng banget olahraga sampai sekarang..."

Dorongan Pak Ganda pada para siswa-siswi SMPN 1 Ciamis untuk menyukai olahraga memang sangat besar. Motivasi untuk menyehatkan tubuh diberikannya dengan gaya dan bahasa yang khas.

Teh Heni adalah salah seorang siswi yang tidak terlalu suka olahraga, apalagi jika harus melakukan senam, sit up, sikap lilin dan lain-lain. Pak Ganda dengan candanya menasihati Teh Heni.

"Awak teh mani jiga noga!" kata beliau. Noga memang makanan manis dan enak, tapi badan yang terlalu kaku seperti camilan tradisional tersebut bukanlah pilihan yang baik untuk para remaja. Senam adalah jawaban yang tepat untuk melenturkan tubuh.

Sebagai pelatih, ia bahkan dijuluki 'the best coach ever' oleh mereka yang mengalami kejayaan prestasi basket semasa belajar di SMPN 1 Ciamis dulu. Pak Ganda dan Pak Sudia merupakan pasangan serasi untuk membentuk tim basket yang padu.

Seorang siswi lain mengenang kebaikan Pak Ganda yang selalu memboncengnya jika kebetulan berpapasan dalam perjalanan. Beliau selalu ceria dan supel, tak pernah sungkan membonceng siswanya. Pengalaman itu meninggalkan kesan yang melekat hingga puluhan tahun kemudian di hati para siswa.

Guru olahraga yang juga jago silat ini dikenal sangat tegas meskipun murah senyum dan pandai bercanda. Beberapa siswa pernah menerima ketegasan guru BP senior tersebut, meskipun pengalaman masa lalu tidak menjadi dendam di hari ini. Ketegasan menjadi kata kunci untuk membimbing para siswa yang mungkin khilaf melakukan kesalahan, dan para guru BP mengemban amanah khusus.

Sosok Pak Ganda memang tidak terlupakan dan tak mungkin hanya terungkap dalam beberapa baris paragraf. Semoga kebaikannya mendapat balasan kasih sayang dan berkah dari Allah SWT. Amiin...

Sudahkah Akang/Teteh terdaftar dalam Ikatan Keluarga Alumni SMPN 1 Ciamis? Silakan registrasi GRATIS untuk menjadi anggota IKANESACIS dengan klik link ini.

Post a Comment

No comments