Salam Untukmu Bu Guru...

Ketika saat ini muncul beragam diskusi dan komentar terkait LKS di beberapa sekolah, saya jadi teringat sosok seorang guru semasa saya di SMP Negeri 1 Ciamis...

Ya, beliau adalah seorang ibu, dengan segala sifat keibuannya, seolah-olah kami ini adalah putra dan putri kandung beliau. Cara beliau menjelaskan pelajaran geografi melalui peta dunia, seolah-olah kami diajak berkeliling dunia menjelajahi lembah-lembah sungai, kota-kota dan lokasi-lokasi penting di negara-negara, dengan detail cerita yang baru bisa kami bayangkan waktu itu.

Totalitas beliau dalam mengajar dan mendidik diperlihatkan tidak hanya terkait mata pelajaran yang menjadi tugas beliau, tetapi di luar itu, beliau benar-benar memperlihatkan GURU sebagai seorang yang pantas diguGU dan ditiRU.

Ibu Rusminah (kiri) dan Ibu Diah (kanan)
Yang paling saya ingat betul adalah ketika suatu hari, di luar jam sekolah, sebelum pengayaan dimulai (kegiatan pengayaannya gratis tis tis...) beliau menghampiri saya, kemudian menyerahkan sebuah buku rangkuman soal-soal yang waktu itu digunakan sebagai panduan dalam kegiatan pengayaan.

Beliau bilang, "Buku ini buat kamu, karena ibu senang melihat kamu bersemangat mengikuti pelajaran dan pengayaan yang ibu berikan. Jadi kamu tidak usah cari dan beli buku ini dari mana-mana."

SubhanAllaah, semoga Allaah swt memberikan imbalan yang berlimpah untuk beliau dan keluarganya, di dunia dan di akhirat... aamiin...

Salam hormat dan do’a untuk Ibu Rusminah, guru SMPN 1 Ciamis yang insya Allaah namanya abadi dalam ingatan saya...

sumber: blog Kang Dian Heri Sofian

Post a Comment

No comments