Apakah Sekolah Kita Termasuk Sekolah Yang Baik?


Alumni SMPN 1 Ciamis yang berbahagia, hampir tidak ada Akang/Teteh alumni yang mengatakan sekolah kita biasa saja, apalagi berani menilai sebagai jelek. Boleh dikatakan semua menganggap SMPN 1 Ciamis atau Nesacis adalah sekolah terbaik, meskipun sebagian besar pengakuan tersebut didorong oleh keterkaitan emosional dengan sekolah tercinta. Apakah sekolah kita memang dapat dikatakan sekolah yang baik? Apa sih parameter pengukurannya?

alumnismpn1ciamis.com mencoba mencari jawaban pertanyaan tersebut dan menemukan pencerahan di blog ini. Berikut ini kutipan artikel dari sumber tersebut, semoga bermanfaat.

Merujuk pada pemikiran Edward Sallis, Sudarwan Danim (2006) mengidentifikasi ciri-ciri sekolah bermutu, yaitu:
  1. Sekolah berfokus pada upaya untuk mencegah masalah yang muncul, dengan komitmen untuk bekerja secara benar dari awal.
  2. Sekolah memiliki investasi pada sumber daya manusianya, sehingga terhindar dari berbagai “kerusakan psikologis” yang sangat sulit memperbaikinya.
  3. Sekolah memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik di tingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga administratif.
  4. Sekolah mengelola atau memperlakukan keluhan sebagai umpan balik untuk mencapai kualitas dan memposisikan kesalahan sebagai instrumen untuk berbuat benar pada masa berikutnya
  5. Sekolah memiliki kebijakan dalam perencanaan untuk mencapai kualitas, baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
  6. Sekolah mengupayakan proses perbaikan dengan melibatkan semua orang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.
  7. Sekolah mendorong orang dipandang memiliki kreativitas, mampu menciptakan kualitas dan merangsang yang lainnya agar dapat bekerja secara berkualitas.
  8. Sekolah memperjelas peran dan tanggung jawab setiap orang, termasuk kejelasan arah kerja secara vertikal dan horizontal.
  9. Sekolah memiliki strategi dan kriteria evaluasi yang jelas.
  10. Sekolah memnadang atau menempatkan kualitas yang telah dicapai sebagai jalan untuk untuk memperbaiki kualitas layanan lebih lanjut.
  11. Sekolah memandang kualitas sebagai bagian integral dari budaya kerja.
  12. Sekolah menempatkan peningkatan kualitas secara terus menerus sebagai suatu keharusan
Sumber:
Sudarwan Danim. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara

dikutip dari: http://akhmadsudrajat.wordpress.com

Mungkin memang diperlukan penelitian khusus untuk mengatakan sekolah kita sebagai baik secara ilmiah, tetapi beberapa hal yang disampaikan dalam artikel tersebut semoga menjadi tambahan wawasan untuk peningkatan kualitas kedepan. Pertanyaan akhirnya adalah dimana peran alumni dalam ikut memajukan Nesacis? Mari menjawab dengan langkah bersama menuju kemajuan sekolah tercinta...

Post a Comment

1 comment:

  1. semoga ada sinergi yang baik antara semua pihak ya... amiin...

    ReplyDelete