Siapa Sih Ketua IKA NESACIS?

Kepemimpinan sebuah organisasi kerap menjadi daya tarik paling kuat yang menyita perhatian publik. Contoh kasus yang masih hangat adalah tentang ketua umum organisasi cabang olahraga terpopuler di negeri ini, yang beritanya menghiasi berbagai media berita beberapa waktu lalu dan menjadi pusat perhatian semua pihak. Lantas siapa sih ketua Ikatan Keluarga Alumni SMPN 1 Ciamis?

Jika mengacu pada draft AD/ART yang sudah dipubilkasikan di alumnismpn1ciamis.com, maka ada beberapa bagian dari 'statuta' IKA NESACIS tersebut yang dapat dijadikan acuan.

Pertama, terdapat beberapa aturan dalam AD/ART IKA NESACIS yang menunjukkan gambaran dasar bentuk kepengurusan, diantaranya:

a. Anggaran Dasar:

Definisi Pengurus IKA NESACIS menurut ayat 2 pasal 10:
1. Pengurus pusat adalah pengurus yang menangani alumni secara keseluruhan dan mencakup seluruh angkatan maupun wilayah
2. Pengurus angkatan adalah pengurus yang menangani alumni sesuai dengan tahun kelulusan atau angkatan masing-masing
3. Pengurus wilayah adalah pengurus di dalam suatu wilayah yang telah disepakati dan mendapat persetujuan pengurus pusat

b. Anggaran Rumah Tangga:

Pengurus Pusat IKA NESACIS menjalankan satu periode masa jabatan untuk jangka waktu selama 3 (tiga) tahun (Pasal 4)

Ketua Umum Pengurus Pusat dipilih oleh anggota IKA NESACIS melalui pemilihan umum dan ditetapkan serta dilantik dalam suatu Musyawarah Anggota (Pasal 5)

Ketua Umum memilih dan menetapkan anggota Pengurus Pusat berdasarkan kebutuhan dan dengan mendengarkan pertimbangan dari musyawarah anggota (Pasal 6)

Penjabarannya adalah Ketua Umum IKA NESACIS akan dipilih melalui suatu proses pemilihan umum (pemilu) yang pelaksanaannya dapat dilakukan dalam berbagai kemungkinan, tidak hanya melalui pemilu langsung seperti menggunakan moment Reuni Akbar multi angkatan, tetapi mungkin saja menggunakan pemilu via surat menyurat atau email dan metoda lainnya yang mungkin dilaksanakan sesuai dengan perkembangan teknologi dan jaman.

Semua kemungkinan dalam mekanisme pemilu harus dilaksanakan dengan catatan terdapatnya kepanitiaan yang kredibel, dapat dipercaya dan diterima oleh semua pihak. Mekanisme sebelum, selama dan sesudah pemilu Ketua Umum IKA NESACIS harus disosialisasikan dengan sebaik-baiknya. Pendek kata, cukup banyak hal yang dipersiapkan untuk masalah tersebut.

Siapa yang berhak menjadi Ketua Umum IKA NESACIS? Jawabannya terdapat didalam pasal 3 ayat 2 Anggaran Rumah Tangga, yang isinya sebagai berikut:

Hak dan Kewajiban Anggota Biasa:
1. Mempunyai hak bicara dan hak suara.
2. Memiliki hak untuk mencalonkan diri, memilih dan dipilih menjadi pengurus.

Salah satu fungsi Ketua Umum adalah:
Memilih dan menetapkan anggota Pengurus Pusat berdasarkan kebutuhan dan dengan mendengarkan pertimbangan dari musyawarah anggota (pasal 6 ART)

Siapa Ketua Umum IKA NESACIS? Boleh jadi Akang/Teteh yang sedang membaca tulisan ini sekarang adalah calon figur yang menempati posisi tersebut! Semoga keikutsertaan kita dalam wadah ini dapat semakin memperkuat peran IKA NESACIS untuk mempererat tali silaturahmi diantara para alumni, pihak sekolah dan guru-guru, serta meningkatkan sumbangsih alumni SMPN 1 Ciamis dalam ranah sosial kemasyarakatan di Kabupaten Ciamis. Amiin...

Penjelasan ini adalah bagian dari sosialisasi tentang keorganisasian IKA NESACIS. Fase sosialisasi diharapkan akan selesai dalam masa maksimal satu tahun kedepan, dan setelah basis komunitas alumni SMPN 1 Ciamis terakomodasi kedalam database anggota IKA NESACIS, maka fase pembentukan struktur organisasi akan dilaksanakan.

Silakan membaca draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKA NESACIS di link ini: AD/ART IKA NESACIS. Jika Akang/Teteh sudah mantap untuk bergabung kedalam IKA NESACIS, silakan langsung menuju tahapan pendaftaran anggota IKA NESACIS di link ini: TAHAPAN PENDAFTARAN ANGGOTA IKA NESACIS.

Post a Comment

No comments