Kang Guru Yudi Nugraha: "Ayeuna Mah Kumaha Abdi...!!"

Nama Kang Yudi Nugraha cukup familiar di kalangan Angkatan 1985 alumni SMPN 1 Ciamis, karena berasal dari angkatan kelulusan tahun tersebut. Kang Yudi juga dikenal oleh alumni dari angkatan-angkatan yang berdekatan dengannya, terutama setahun diatas dan dibawahnya, terutama karena aktivitasnya dibidang ekskul. Tahun 83/84 Kang Yudi bahkan menjabat Ketua OSIS SMPN 1 Ciamis, selain juga aktif di Pramuka. Meski demikian, sebenarnya beliau jauh lebih dikenal luas lagi di angkatan-angkatan yang lebih muda.

Kang Yudi adalah salah satu diantara siswa Nesacis yang 'berubah wujud' menjadi guru Nesacis, sehingga banyak alumni muda yang menjadi adik kelas sekaligus murid Kang Yudi. Beberapa diantara kelas alumni mungkin pernah diwalikelasi oleh beliau dan kedekatan Kang Yudi dengan para alumni memang tidak diragukan lagi.

Kang Yudi yang sekarang berdomisili di kawasan Belender Maleber Ciamis bulan lalu ikut sibuk dengan para guru dan staf Nesacis dalam upaya memenuhi Audit Eksternal ISO. Alumni kita yang juga lulusan dari IKIP Bandung ini memang termasuk sosok guru yang 'hese cicing' dalam ikut memajukan SMPN 1 Ciamis tercinta.


SMPN 1 Ciamis sudah lulus ISO 9001:2008 dan saat ini mulai melaukukan persiapan untuk menghadapi PPDB (PSB). Penyuka gitaris Yngwie dan pelantun Harvey Malaiholo yang sudah dikaruniai tiga orang anak (2 laki-laki dan 1 perempuan) ini juga sempat menjalani pelatihan guru-guru RSI/RSBI Jawa Barat di Adelaide Australia pada bulan November 2010.

Kang Yudi juga pernah menjadi tokoh sentral sebagai jembatan penghubung ikanesacis-online dengan pihak sekolah dan perwakilan lebih dari 15 angkatan alumni pada saat menyelenggarakan Reuni Akbar Alumni SMPN 1 Ciamis Tahun 2010 lalu.

Kenangan Lama

Kenangan bersekolah di Nesacis adalah kilasan pengalaman yang tak terlupakan. Satu diantara memori yang terus teringat dalam pikiran Kang Yudi adalah kisah jemuran aneh di depan mushola.

Pengalaman lain yang berkesan bagi seorang Kang Yudi adalah keterlibatan dalam bidang kesenian dibawah bimbingan Pak Dahli, guru kesenian di SMPN 1 Ciamis masa itu. Beliau kerap bertindak sebagai additional musician untuk tim Angklung Darma Pertiwi di Kodim. Selesai memainkan gitar dalam sebuah acara, biasanya selembar amplop menghampiri -tentu tidak kosong- dan pengalaman seperti itu sangatlah berkesan.

"Lumayan buat uang jajan...," ujar Kang Yudi.

Bukan Kebetulan

Kang Yudi yang sewaktu belajar di Nesacis merupakan pengagum Ibu Yuyu Yatnikasari (guru Biologi) dan penyuka pelajaran Bahasa Inggris ini sekarang bekerja dan berkarya sebagai guru di lingkungan SMPN 1 Ciamis. Prinsip hidupnya untuk yakin pada kemampuan diri, mengerjakan sesuatu demi hasil yang terbaik dan menghargai orang lain, menjadi modal dalam beraktivitas dan melanjutkan perjuangan.

Bagi beliau, "Bukanlah kebetulan kita lahir dari seorang ibu, sehingga kita bisa menikmati hidup. Maka dialah yang patut kita cintai dan bahagiakan. Bukan pula kebetulan kita dididik di SMP 1 Ciamis, sehingga kita bisa mandiri dan memiliki kelebihan. Maka patutlah kita memberikan sesuatu yang terbaik buat ibu kita dan Nesacis. Nesacis memberikan kita pengalaman hidup yang tak pernah bisa terlupakan."

Kumaha Abdi

Lain dulu tentu lain sekarang. Apa beda rasanya antara menjadi murid dan menjadi guru di SMPN 1 Ciamis? Kang Yudi menjawab dengan canda, "Ari kapungkur mah di sakola teh kumaha guru, ayeuna mah kumaha abdi...! Apanan abdi guru. Hehehe..."


Berkaitan dengan kegiatan para siswa, selain aktif mengajar dan mengerjakan tugas lain yang diamanahkan oleh sekolah, Kang Yudi juga masih terlibat dalam ekstrakulikuler Nesacis.

Let's Join Now!

Beliau tanpa ragu langsung menyambut berdirinya IKA NESACIS, dan menyatakan bergabung dengan segera dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Apa tanggapan Kang Yudi tentang IKA NESACIS? Ungkapnya singkat, "Saya kira, bukan hanya menyayangkan, tapi sangat rugi sekali bagi alumni Nesacis yang tidak bergabung dan ikut mendukung web alumniSMPN1Ciamis. So, Let's Join Now...!!"

Nah, Akang/Teteh alumni SMPN 1 Ciamis ditunggu bergabung dalam wadah IKA NESACIS, mengikuti jejak Kang Yudi dan para alumni lain yang sudah mengirimkan konfirmasi atau mengisi formulir online. Silakan klik link ini untuk lebih jelasnya: TAHAPAN PENDAFTARAN IKA NESACIS

Post a Comment

1 comment:

  1. sanes abdi kang anu moe CD teh!! hehehe...

    ReplyDelete